welcome to my space

welcome to my space

sekali lagi selamat datang di blog yang mungkin terkesan sangat biasa sekali..tapi untuk itu saya sangat senang hati jika ada yang mau memberikan masukan
arigatou ^_^

Senin, 17 Januari 2011

MENYELAMI KEKUATAN PIKIRAN DAN BERPIKIR POSIIF

Judul buku                    :        Terapi Berpikir Positif
Jenis buku                     :        Non Fiksi
Penulis                          :        Dr. Ibrahim Elfiky
Penerjemah                  :        Kalifurrahman Fath dan M. Taufik Damas
Penerbit                        :        Zaman
Cetakan                         :        II
Tahun terbit                 :        2010
Jumlah halaman :        xiii + 347 halaman
         
          “Anda hari ini adalah hasil keputusan Anda kemarin. Anda esok hari ditentukan oleh keputusan Anda hari ini. Hidup yang Anda jalani saat ini pun adalah pancaran pikiran, keputusan, dan pilihan Anda. Jika Anda rela menerima tantangan, berarti Anda telah merintis perubahan, kemajuan, dan perkembangan”. Begitulah kata Dr. Ibrahim Elfiky dalam bukunya yang berjudul “Terapi Berpikir Positif”. Dr. Ibrahim Elfiky bagaikan seorang kapten yang mengajak pembaca menyelami samudera kekuatan pikiran. Dengan kata-katanya yang sangat komunikatif, seolah-olah beliau berbicara langsung dengan pembaca, membuat maksud-maksud dari isi buku mudah dimengerti dan dapat tersampaikan.
          Selai itu, kapasitas keilmuan dengan berbagai pengalaman sebagai pembicara atau motivator dalam seminar kelas internasional, serta Pengembangan Sumber Daya Manusia membuat beliau sangat mumpuni dan professional dalam bidangnya, dan beliau pun mewujudkannya dalam buku “Terapi Berpikir Positif”.
          Di dalam bukunya, Dr. Ibrahim Elfiky tidak hanya menjelaskan dan menguraikan bagaimana otak kita berpikir, baik itu positif maupun negatif, tetapi juga menjelaskan mengapa otak dapat berpikir positif atau negatif, yang sesungguhnya berpikir positf atau negatif merupakan pilihan bagi orang yang berpikir tersebut.
          Dr. Ibrahim Elfiky mengawali bukuya dengan menjelaskan serta menguraikan kekuatan pikiran yang tentunya dimiliki oleh setiap manusia, entah manusia tersebut menyadarinya atau tidak.
“ Dengan berpikir, manusia dapat menentukan pilihan, bisa membedakan antara sesuatu yang bermanfaat dan yang tidak bermanfaat , antara yang halal dan yang haram, antara positif dan negatif, sehingga ia bisa memilih yang cocok bagi dirinya dan bertanggung jawab atas pilihannya” (hlm.3). Hal tersebut merupakan kekuatan pikiran yang sesungguhnya kita miliki.
          Selain itu, pikiran mempunyai kekuatan yang amat luar biasa karena pikiran melahirkan mindset (persepsi) yang mempengaruhi intelektualitas, fisik, perasaan, sikap, hasil, citra diri, harga diri, rasa percaya diri, kondisi jiwa,kesehatan, energy, serta mempengaruhi sistem kerja akal bawah sadar. Pikiran juga tidak mengenal batas waktu serta dapat melahirkan kebiasaan. Akan tetapi, yang perlu kita ketahui pula ialah karena berpikir itu sederhana dan hanya membutuhkan waktu sekeja, namun ia melalui proses yang amat kuat dari tujuh sumber yang berbeda, yaitu orang tua, keluarga, masyarakat, sekolah, teman, media massa, dan yan terpenting dari proses pembentukan pikiran ialah diri kita sendiri.
          “Meski tampak sederhana dan lemah, pikiran itu lebih dalam dan lebih kuat dari pada apa yang Anda bayangkan. Berpikir melahirkan pengetahuan, pemahaman, nilai,  keyakinan, dan prinsip. Pikiran menjadi titik tolak bagi tujuanan mimpi-mimpi. Ia menjadi referensi rasional dalam eksperimentasi perjalanan hidup, pemaknaan, serta cara memahami kebahagiaan dan kesengsaraan. Pikiran bisa menjadi penyebab penyakit kejiwaan dan fisik. Pikiran bahagia membuat kita bahagia, pikiran sengsara membuat kita sengsara, pikiran takut membuat kita takut, dan pikiran berani membuat kita berani”. (hlm.10)
          Dr. Ibrahim Elfiky juga menyebutkan bahwa pikiran negatif bagaikan candu yang serupa dengan narkoba atau minuman keras, karena pada dasarnya merupakan  dampak dari jiwa yang labil dn negatif, yang dilakukan terus-menerus hingga menjadi kebiasaan dan justru membawa pelakunya ke dalam kondisi yang sangat berbahaya. Ini merupakan salah satu dampak buruk dari pikiran negatif.
          Selain itu, dengan menguraikan dan menjelaskan hal-hal yang berhubungan dengan beripikir positif maupun berpikir negatif, ciri-ciri kepribadian positif, dan prinsip-prinsip dalam berpikir positif merupakan kelebihan dari isi buku yang secara tidak langsung mengajak pembaca untuk mengelola pikiran positif sehingga paling tidak pembaca dapat membuat sedikit perubahan dalam kehidupan dengan cara berpikir positif.
          Kelebihan lain dari buku karya Dr. Ibrahim Elfiky ialah karena beliau memberikan tips-tips dan strategi bagaiman cara berpikir positif. Buku ini juga terkesan istimewa karena paenulis menuliskan banyak kata bijak dari berbagai tokoh-tokoh dunia yang terkenal. Selain itu, dalam setiap perkataannya, beliau mengembalikan segala sesuatu kepada Sang Maha Pencipta dengan melampirkan beberapa bagian dari ayat suci Al Qur’an yag sesuai dengan apa yang beliau bahas dalam bukunya. Di halaman akhir buku ini pun beliau melampirkan sebuah puisi yang berjudul “Surat Dari Sahabat”. Puisi yang mengandung makna yang dalam tersebut juga merupakan sebuah motivasi bagi pembaca untuk selalu berpikir positif, bersikap optimis, dan menghargai kehidupan.
          Meskipun Dr. Ibrahim Elfiky menulis dengan gaya bahasa yang sangat komunikatif, tetapi menggunakan beberapa kata atau istilah yang cukup sulit untuk dimenerti maknanya oleh sebagian pembaca. Tetapi, sesungguhnya hal tersebut dapat menjadi kelebihan tersendiri yang mendorong pembaca untuk mencari tahu makna dari kata-kata yang tidak dimengerti tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar